Friday, December 24, 2010

Rangkaian Lampu TL dengan Aki 12V, yang bermanfaat

1 comments
Apa yang terjadi jika listrik mati pada malam hari?, wah pasti bingung cari penerangan. Hal yang pernah kualami pada saat mati lampu, Mana mau nyalain petromax gak ada minyaknya lagi, mau beli lilin dah pada habis, wah jadi gelap deh. Namun kini sejak saya membuat rangkaian lampu TL atau yang disebut lampu neon ini,dengan menggunakan aki sebagai sumber teganganya, saya tidak pernah bingung saat mati lampu untuk mencari penerangan. Jadi, gak usah repot-repot deh cari lilin atau yang lainyya. Tidak hanya itu saja, saya juga pernah memperoleh penghasilan dari rangkaian tersebut, yang saya jual kepada pedagang-pedagang gerobak keliling, yang masih menggunakan petromax. Daripada petromax , sekarang minyak tanah juga mahal. Kan lebih enak pakai aki yang cuman butuh charge aja.
Rangkaianya seperti gambar dibawah.

Trafonya menggunakan batang ferit yang dililit menggunakan kawat email atau tembaga berdiameter 0,8 mm sampi 1mm. Silahkan mencoba. Jangan lupa beri komentar.

Comments

1 comments to "Rangkaian Lampu TL dengan Aki 12V, yang bermanfaat"

waymtr said...
December 28, 2012 at 10:07 AM

ass gan, duh ga ush cape2 bkn, skrng kan udh bnyak neon cash, klu pngn terang tinggl ngerubh aki 6v jd 12v,lalu capasitornya gnt pk 220uf 16v udh pst terang dh, tp untk blajar elektronika lumayan bermanfaat

Post a Comment

 

Copyright 2011 All Rights Reserved Kaibon Madiun Creative Team by Wahyu Eko RBlogger Template Edited by Avekotag